4 Penyebab Buah Cabe Rontok dan Cara Mengatasinya

Dalam proses budiddaya tanaman cabe tentu tidak luput dari berbagai kendala salah satunya adalah buah cabe rontok. Kendala ini sering dialami para petani buah cabe. Hal ini memang mengkhawatirkan terutama jika kerontokan terjadi dalam jumlah yang besar sebab berpotensi menyebabkan terjadinya gagal panen.

Untuk itu, sebelum menanam cabe, ada baiknya pelajari penyebab buah cabe rontok. Karena pemahaman ini penting untuk mengantisipasi jika benar-benar terjadi kerontokan pada buah cabe yang ditanam.

Penyebab Buah Cabe Rontok

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan buah cabe menjadi rontok. Tapi berikut ini ada 4 hal penyebab rontoknya buah cabe beserta penjelasan lengkapnya.

Kurang Pasokan Air

Penyebab pertama buah cabe mengalami kerontokan adalah kekurangan pasokan air. Ini biasa terjadi terutama pada musim kemarau. Biasanya petani buah cabe tidak melakukan pengairan secara berkala yang dapat menyebabkan kekeringan pada media tanam. Jika kekurangan air, biasanya tanaman cabe akan stres dan membuat pertumbuhan tanaman dan buah jadi terhambat.

Kekurangan Unsur Hara

Selain itu, buah cabe mengalami kerontokan biasanya dikarenakan kekurangan unsur hara baik mikro maupun makro. Ini disebabkan karena cabe yang sudah memasuki tahap pembuahan akan membutuhkan unsur hara tersebut. Jadi ketika tanaman cabe sudah memasuki tahap pembuahan, coba berikan asupan untuk kalium dan kalsium yang cukup.

Curah Hujan Terlalu Tinggi

Faktor penyebab kerontokan pada buah cabe selanjutnya adalah karena curah hujan yang begitu tinggi. Seperti yang kita ketahui jika kandungan zat asam pada air hujan dapat memicu pH tanam menjadi turun sehingga tanah pun menjadi asam.

Serangan Hama

Dan terakhir, buah cabe yang Anda tanam dapat mengalami kerontokan yang karena serangan dari hama lalat buah. Biasanya lalat buah memiliki warna kuning kecoklatan dengan tubuh yang menyerupai lebah atau tawon.

Baca Juga :  Tips Agar Bunga dan Buah Jambu Air Madu Deli Tidak Rontok

Dengan mengetahui penyebab terjadinya buah cabe rontok, tentu Anda juga perlu tahu cara mengendalikannya. Ada banyak cara mengatasi daun cabe kuning dan rontok misalnya dengan memberikan obat buah cabai, melakukan rotasi tanaman, memanfaatkan musuh alami seperti semut dan masih banyak lagi.

Tinggalkan komentar