5 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan  

manfaat buah pisang

wongtani.net – Pisang memiliki rasa yang manis. Biasanya buah ini menjadi salah satu makanan pendamping ASI untuk bayi diatas 6 bulan. Memiliki tekstur yang lunak membuat pisang tepat dikonsumsi bayi yang baru saja belajar makan. Ada banyak manfaat buah pisang salah satunya zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah pisang sangat banyak. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan di dalamnya salah satunya vitamin B6 yang dapat meredakan peradangan, menurunkan berat badan dan sebagainya. Buah pisang dapat dinikmati secara langsung, dikukus, digoreng atau dijus. Tidak hanya memiliki rasa yang manis dan lezat, buah ini juga kaya akan manfaat. Beberapa manfaat tersebut diantaranya:

1. Mengontrol tekanan darah

Manfaat buah pisang yang pertama adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Karena itu buah pisang bagus dikonsumsi untuk penderita hipertensi. Kalium yang ada di dalam buah ini membuat keseimbangan antara cairan dengan elektrolit sehingga tekanan darah menjadi stabil.

2. Meningkatkan stamina

Tidak perlu minum minuman yang berenergi jika ingin meningkatkan stamina, karena buah ini memiliki vitamin dan serat yang lebih banyak dibandingkan buah laih. Pisang juga kaya kalium dan magnesium yang penting agar tubuh tetap sehat dan bugar.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Pisang dapat membantu melancarkan pembuangan yang merupakan sisa dari proses metabolisme. Dan salah satu manfaat buah pisang untuk pencernaan adalah membantu meredakan berbagai masalah yang berkaitan dengan pencernaan seperti sembelit karena kandungan serat di dalamnya. Dengan mengonsumsi pisang, kerja ginjal juga lebih ringan pada saat membersihkan darah.

4. Mengatasi kulit kering

Banyak orang menggunakan pisang karena manfaat pisang untuk kecantikan seperti mengatasi kulit kering. Campurkan pisang dengan madu untuk mengatasi kulit kering dan kulit berjerawat. Cukup oleskan saja ke kulit wajah. Pisang juga bisa dicampur dengan lemon. Diamkan hingga 30 menit kemudian bersihkan dengan air bersih.

Baca Juga :  Panduan Praktis Budidaya Bawang Merah Di Lahan Sawah Bekas Padi

Masih banyak manfaat pisang lainnya yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsinya secara rutin. Meski ada banyak khasiatnya bukan berarti Anda bisa memakannya dalam jumlah yang berlebihan. Karena apabila pisang dikonsumsi dalam jumlah banyak justru akan membuat ngantuk dan sakit kepala.

Tinggalkan komentar