Buah Anggur Merah Ternyata Bisa Ditanam dalam Pot, Begini Caranya!  

buah anggur merah

wongtani.net – Anggur merah adalah buah dengan rasa yang cenderung manis dan asam. Kandungan gizi buah anggur merah banyak salah satunya vitamin C. Harga anggur merah lebih mahal jika dibandingkan dengan buah yang lain. Budidaya buah anggur merah juga lebih sulit. Anggur merah tumbuh baik di dataran yang rendah. Buah ini akan tumbuh jika mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Budidaya anggur merah bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan pot. Tanpa memerlukan lahan yang luas, buah anggur dapat tumbuh dengan baik dan akan memberikan rambatan atau para-para. Jika ingin menanam anggur merah, sebaiknya ketahui dulu langkah-langkahnya agar tanaman anggur lebih cepat berbuah.

Cara Menanam Buah Anggur Merah dalam Pot

Sebelum menanam anggur merah dalam pot, tentu Anda harus mengetahui dulu langkah-langkahnya. Karena langkah yang benar akan membuat tanaman anggur dapat berbuah dengan cepat dan kualitasnya pun baik. Beriku ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan saat ingin menanam anggur merah di rumah.

Pembibitan

Bibit anggur merah mudah sekali didapatkan. Anda harus mencari benih yang berkualitas baru kemudian rendam benihnya di larutan pupuk organik. Tiriskan benih yang direndam tadi dengan kain basah selama 3 hari. Siapkan polybag yang terisi tanah dan pupuk organik dengan rasio yang sama, Pastikan terdapat cahaya yang cukup untuk menyinari tanaman anggur merah.

Siapkan Media Tanam

Setelah pembibitan selesai dilakukan, siapkan pot yang akan ditanami benih anggur merah. Isi pot dengan tanah dan pupuk SAN yang rasio perbandingannya sama. Buat lubang di bawah pot supaya ada tempat pembuangan airnya. Media tanam disiram sampai jenuh kemudian diamkan.

Memulai Penanaman

Jika bibit di polybag sudah tumbuh, Anda bisa pindahkan ke dalam pot. Usahakan lubang tanam dibuat sesuai kedalaman akar. Bukalah plastik yang ada di polybag kemudian pindahkan dengan hati-hati. Jangan sampai akar tanaman anggur rusak. Jika bibit anggur sudah berada di tengah pot, siram dan diamkan selama beberapa hari sampai tanaman anggur menunjukkan adanya pertumbuhan.

Baca Juga :  Tips Budidaya Tanaman Salak Agar Berbuah Lebat

Lakukan Perawatan

Dan terakhir, lakukan perawatan pada tanaman anggur merah. Perawatan dilakukan melalui dua langkah yaitu penyiraman dan pemupukan. Lakukan perawatan secara rutin supaya tanaman anggur lebih cepat berbuah.

Demikianlah langkah-langkah penanaman buah anggur merah dalam pot di rumah. Anad bisa gunakan pupuk organik yang berkualitas supaya buah yang dihasilkan memiliki rasa manis dan juga sehat.

Tinggalkan komentar