Cara Budidaya Buah Durian Supaya Cepat Berbuah

Durian adalah salah satu buah-buahan yang sangat digemari oleh masyarakat. Jika sudah memasuki musim panen, banyak orang yang mencarinya hingga ke daerah-daerah pelosok penghasil durian terbaik. Belum banyak masyarakat di Indonesia yang tahu cara budidaya buah durian yang benar sehingga bisa menghasilkan durian kualitas terbaik. Padahal, budidaya durian sangat menguntungkan jika melihat banyaknya orang yang menggemarinya.

cara budidaya buah durian

Cara Budidaya Buah Durian

Budidaya buah durian bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan bagi Anda. Tapi sebelumnya, Anda harus tahu cara budidaya buah durian yang benar dan sukses. Berikut adalah cara menanam durian agar cepat berbuah.

1. Memilih Bibit Unggul

Pilihlah bibit durian yang unggul dan berkualitas. Tips mendapatkan bibit yang unggul yaitu; sesuaikan jenis bibit dengan kondisi lahan yang akan ditanami, pilih bibit yang sehat atau tidak berpenyakit, belilah bibit dari penjual bibit buah durian yang berpengalaman dan mempunyai reputasi bagus.

2. Memberi Pupuk secara Tepat

Tanpa pemupukan, pohon durian tidak bisa tumbuh dengan baik dan tidak bisa berbuah. Lakukan cara memupuk durian baru tanam secara benar dengan memperhatikan jenis pupuk, waktu pemupukan, serta dosis pupuk yang digunakan.

3. Mengatur Jumlah Bunga dan Calon Buah

Tujuan mengatur jumlah bunga dan calon buah durian yaitu supaya pohon bisa menahan beban dari buah durian hingga waktu panen sesuai dengan kemampuannya. Jika tidak kita atur, dikhawatirkan pohon tidak mampu menahan berat atau memenuhi nutrisi bunga dan calon buah durian.

4. Pengairan Harus Cukup

Pohon durian membutuhkan asupan air setiap harinya rata-rata sebanyak 3-5 liter per m2. Pengairan bisa dilakukan dengan berbagai cara yang meliputi; spray jet, irigasi tetes, springkle, dan lain-lain.

Baca Juga :  3 Tahun Bertani Jambu Kristal dan Bangkok : Sekarang Pemuda Ini Berpenghasilan 24 Juta Perbulan

Pengairan yang cukup membuah pohon durian cepat berbuah dan menghasilkan kualitas terbaik. Kesimpulannya, jangan sampai bibit atau pohon durian kekurangan dan kelebihan air. Berikan pengairan sesuai dengan yang tanaman butuhkan.

5. Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan untuk menghasilkan cabang pohon baru, mempermudah penerimaan sinar matahari, dan bisa menopang buah durian dengan baik.

6. Pencegahan Hama Penyakit

Pencegahan hama penyakit wajib dilakukan oleh pembudidaya buah durian. Hama penyakit dapat mengakibat pohon durian menjadi tidak produktif dan menurunkan kualitas buah. Lakukan tindakan pencegahan hama sejak masih berupa bibit hingga sampai berproduksi.

Itulah beberapa cara budidaya buah durian yang benar. Lakukan setiap proses dengan tepat agar pohon durian cepat berbuah. Ketekunan dan ketelatenan untuk terus belajar akan membawa Anda menjadi seorang pembudidaya buah duarian yang sukses.

 

Tinggalkan komentar