Cara Budidaya Lengkeng Kateki yang Benar Agar Hasilnya Berkualitas

lengkeng kateki

wongtani.net – Lengkeng atau kelengkeng  adalah salah satu hortikultura yang banyak dibudidyakan masyarakat di Indonesia saat ini. Ada beberapa jenis kelengkeng yang unggul salah satunya lengkeng kateki.Jika diliihat sekilas, kelengkeng kateki hampir menyerupai kelengkeng itoh. Hanya saja tetap ada perbedaan diantara keduanya dimana Daun kelengkeng kateki lebih memanjang, menjuntai ke bawah dan tekstur dari daunnya tidak kaku.

Cara Budidaya Lengkeng Kateki dengan Benar

Saat ini, budidaya lengkeng kateki dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan. Aalagi Anda bisa pelajari dulu cara menanam kelengkeng keteki supaya hasil yang didapatkan pun memiliki kualitas yang terbaik.

Penanaman

Langkah pertama dalam budidaya kelengkeng keteki adalah penanaman. Penanaman buah ini bisa dilakukan saat menjelang musim hujan tiba. Anda harus buat lubang tanam dengan ukuran bebas bisa 60x60x60 bisa juga 100x100x100 cm. Ukuran lubang yang dibuat tergantung bibit yang akan ditanam. Setiap lubang harus diberi jarak minimal 6×6 m.

Pemupukan

Setelah penanaman selesai, Anda bisa melakukan langkah kedua yakni pemupukan. Pupuk akan diberikan sebelum tanam dan sesudah tanam. Sebelum tanam, pupuk diberikan dengan dasar perbandingan yang tepat yakni 120:40:8:2:2 dimana 120 untuk tanah, 40 untuk kompos atau pupuk kandang, 8 untuk kapur, 2 untuk SP-36 dan 1 untuk area. Pemupukan juga dilakukan setelah kelengkeng berumur 1 tahun.

Penyiraman

Setelah kelengkeng ditanam, penyiraman bisa dilakukan. Anda harus menyirami tanaman ini secara teratur 2 kali di tiap harinya. Selanjutnya, lakukan penyiraman dengan terlebih dahulu melihat kondisi tanaman ataupun lingkungan dari pertanaman tersebut.

Pemangkasan

Jika ingin melakukan pemangkasan, usahakan saat tanaman masih berusia muda atau tingginya baru mencapai 160 hingga 225 cm. Pemangkasan akan dilakukan pada batang pokok yang tingginya tidak lebih dari 175  cm dari permukaan tanah. Pemangkasan dapat dilakukan saat musim hujan tiba.

Baca Juga :  Cara Budidaya Tomat dengan Mudah

Pengendalian Hama

Terakhir, hindari tanaman lengkeng keteki dari hama. Pengendalian hama harus dilakukan agar kualitas buah yang ditanam tetap baik. Kualitas yang dihasilkan akan berpengaruh terhadap harga kelengkeng kateki. Jadi Anda harus lakukan penanaman dengan benar hingga kelengkeng kateki bisa dipanen.

Itulah beberapa cara budidaya lengkeng kateki yang benar. Anda bisa lakukan setiap prosesnya dengan benar supaya hasil dari tanamannya pun berkualitas. Jika ingin jadi pembudidaya yang sukses, Anda harus lakukan  dengan tekun dan terus belajar.

Tinggalkan komentar