Cara Budidaya Mangga Harum Manis Supaya Cepat Berbuah  

budidaya mangga harum manis

wongtani.net – Mangga Harum Manis atau yang biasa disebut Arum Manis merupakan salah satu buah yang berasal dari Jawa Timur. Disebut harum manis karena buah ini memang rasanya manis. Jika dilihat dari bentuknya yang lonjong buah ini menyerupai mangga manalagi. Banyak orang kini melakukan budidaya Mangga Harum Manis karena sangat menguntungkan dan buah yang dihasilkan pun lebih berkualitas.

Cara Budidaya Mangga Harum Manis

Budidaya Mangga Harum Manis dapat menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Anda harus pelajari dului cara budidaya yang benar agar hasil yang didapatkan terbaik. Berikut ini cara yang bisa diterapkan supaya buah yang ditanam lebih cepat berbuah.

Menyiapkan Bibit

Bibit mangga bisa didapatkan lewat biji, cangkok, okulasi, grasping susuk ataupun sambung pucuk. Pembibitan ini bisa dilakukan sendiri. Tapi jika Anda tidak ingin repot beli saja langsung di toko bibit.

Persiapan Lahan

Kemudian, lahan yang akan ditanami bibit mangga harum manis perlis harus dibersihkan dari gulma atau hama lain yang mengganggu. Buat lubang sedalam 50 cm sampai 100 cm kemudian beri jarak 5-10 meter di tiap lubangnya. Penanaman buah mangga dapat dilakukan dengan pola sejajar, diagonal maupun segitiga. Jika lubang yang ditanam sudah siap, biarkan saja 1-2 minggu sampai racun berbahaya yang ada di tanah tersebut hilang.

Lakukan Penanaman Segera

Setelah semuanya sudah dilakukan, Anda bisa tanam bibit buah mangga sesegera mungkin. Masukkan tanah yang sudah dicampur sekam dan pupuk sebelumnya ke lubang sampai ketinggiannya mencapai sepertiga dari tinggi lubang tersebut. Keluarkan bibitnya dan masukka ke lubang tanam. Timbun bibit dengan menggunakan sisa tanah yang ada.

Perawatan Mangga Harum Manis

Lakukan penyiraman 1 sampai 2 kali di tiap harinya. Siang hama atau tanaman yang mengganggu jika sudah tumbuh di sekitar pekarangan pohon mangga. Lakukan pemupukan menggunakan pupuk organik atau anorganik.

Baca Juga :  Menanam Pohon Buah Langka " Mundu " Dalam Pot

Masa Panen

Anda bisa panen buah dari kebun mangga harum manis perlis yang sudah benar-benar tua. Ciri buah mangga yang tua dapat dilihat dari pangkal buah yang membengkak dan warnanya juga menguning. Pemanenan buah yang belum matang akan menyebabkan rasa buah jadi kelat dan agak masam.

Itulah cara budidaya mangga harum manis yang benar. Setiap prosesnya harus dilakukan dengan tepat supaya hasil yang didapatkan dari pembudidayaan ini juga berkualitas. Anda bisa lakukan penanaman buah mangga dengan cara ini secara berulang supaya hasil buah yang ditanam semakin baik.

 

 

Tinggalkan komentar