Cara Mudah Menanam Tomat dalam Polybag

menanam tomat dalam polybag

Wongtani.net – Hidup di perkotaan memang sulit memperoleh rumah dengan sisa lahan yang cukup besar. Menanam tomat dalam polybag menjadi solusi cerdas kaum urban yang hobi berkebun dan menanam sayuran.

Minat masyarakat urban akan berkebun kini mulai meningkat dari sebelumnya. Banyak yang mulai membudidayakan tabulampot maupun metode bercocok tanam lainnya yang bisa dilakukan pada lahan yang terbatas ukurannya. Menanam sayuran seperti tomat, cukup digemari karena mudah juga bermanfaat tentunya.

Syarat Menanam Tomat dalam Polybag

Agar tanaman tomat dapat tumbuh subur, banyak buahnya dan tidak kerdil pertumbuhannya, maka Anda harus menanam tomat dalam polybag sesuai syarat tumbuhnya.

Meski bisa hidup dan tumbuh di berbagai jenis tempat, tetapi poin penting yang harus diperhatikan dalam menyediakan media tanam tomat adalah sinar matahari yang cukup minimal 6 jam, kelembaban tanah yang terjaga, serta cukupnya unsur hara dengan memberi pupuk yang sesuai jenis maupun dosisnya.

Jika persyaratan tersebut sudah Anda penuhi, maka hasil tanaman tomat dalam polybag Anda tentu tidak akan mengecewakan seperti dulu lagi.

Langkah-langkah Menanam Tomat dalam Polybag

Berikut ini kami hadirkan beberapa langkah mudah yang dapat Anda terapkan agar berhasil menanam tomat dalam polybag dengan hasil panen memuaskan.

  1. Siapkan benih dengan vatietas unggul. Tempatkan 1 benih untuk 1 polybag.
  2. Siapakan media atau wadah semai untuk benih tanaman tomat. Anda bisa menggunakan kitak kayu atau wadah air mineral bekas yang diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  3. Sebelum menyemai benih tomat, rendam dulu benih tomat selama 30 menit sampai 1 jam. Pilih benih yang tenggelam dan tempat pada wadah semai yang sudah disiapkan
  4. Biasanya dalam waktu 30 hari akan mulai tumbuh daun pada bibit semai, itu tandanya sudah bisa dipindahkan ke dalam polybag jika Anda ingin menanam tomat dalam polybag. Apabila ingin menanam di pot maka tinggal pindahkan bibit tomat ke dalam pot.
  5. Perhatikan ukuran polybag untuk menanam tomat. Untuk hasil yang maksimal, disarankan menggunakan polybag diameter 30-35 cm. Dengan begitu kebutuhan nutrisi serta kebutuhan tempat berkembangnya akar terpenuhi. Maka hasil panen tomat bisa maksimal sesuai yang diingini.
Baca Juga :  Mudah! Ini Cara Budidaya Buah Naga di Pekarangan Rumah  

Jangan lupa untuk menyiram dan mengatur letak polybag agar memperoleh cukup sinar matahari terutama di pagi hari. Dengan begitu Anda akan memperoleh hasil yang memuaskan dari menanam tomat dalam polybag yang tidak menghabiskan lahan.

 

Tinggalkan komentar