Mudah! Ini Cara Budidaya Buah Naga di Pekarangan Rumah  

budidaya buah naga di pekarangan rumah

Buah naga merupakan buah yang masih langka di Indonesia. Karena itu, banyak orang mempelajari cara budidaya buah naga di pekarangan rumah selain untuk dinikmati sendiri, mereka juga bisa menjual hasilnya. Buah naga cukup unik jika dilihat dari bentuknya yang bulat dan bersisik. Memiliki rasa yang manis, asam dan segar serta khasiatnya yang baik untuk kesehatan menjadikan buah ini cepat populer di Indonesia.

Cara Budidaya Buah Naga di Pekarangan Rumah

Budidaya buah naga di rumah bukan hal tabu lagi di Indonesia. Mengingat tanaman buah satu ini banyak diburu karena selain rasanya yang lezat, ada banyak khasiat yang bisa didapatkan dari buah ini. Jadi, Anda bisa pelajari dulu seperti apa cara menanam buah naga di depan rumah yang benar agar buah yang dihasilkan pun berkualitas.

Persiapan Lahan

Jika Anda ingin melakukan budidaya buah naga, maka sebaiknya persiapkan lahannya terlebih dahulu. Bersihkan areal pekarangan dari semak belukar ataupun rumput liar. Kemudian, ukur jarak tanam dan beri pancang kayu sebagai tanda di tiap jaraknya. Jarak tanam untuk budidaya buah naga bisa 2m x 2,5m. Dan jangan lupa buat lubang tanamnya dengan ukuran 50x50x50 cm.

Siapkan Tiang Rambatan

Setelah itu, siapkan tiang rambatan untuk proses penanaman buah naga. Tiang rambat ini bisa dibuat dari beton yang ukurannya 10 cm dengan panjang 2 meter. Jika sudah, tiang tersebut ditanam dan tancapkan di tengah lubang yang sudah dibuat untuk menanam buah naga. Selanjutnya, lubang tanam dapat diurug dengan menggunakan campuran antara tanah, pupuk kandang serta pasir.

Persiapan Bibit Buah Naga dan Penanaman

Persiapkan bibit tanaman buah naga baik dengan stek ataupun dengan biji. Tapi biasanya, cara menanam buah naga agar cepat bertunas yang dilakukan kebanyakan orang adalah dengan menggunakan stek. Bibit stek yang dibutuhkan harus memiliki panjang 25 hingga 30cm yang sudah disemai terlebih dahulu dengan mengggunakan polybag. Anda juga bisa buat media semainya dari tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan yang sama.

Baca Juga :  Buah Leci Bisa Di Budidayakan Di Indonesia

Pemeliharaan

Kunci utama dari cara budidaya buah naga di sekitar rumah terletak pada pemeliharaan yang dilakukan. Jadi Anda harus lakukan pemeliharaan sebaik mungkin agar hasil buah yang dihasilkan pun lebih cepat dan berkualitas.

Itulah beberapa cara budidaya buah naga di pekarangan rumah yang bisa Anda coba lakukan nanti. Lakukan setiap tahapan dari awal hingga akhir dengan teliti sehingga buah yang dihasilkan memiliki nilai jual yang tinggi.

Tinggalkan komentar